Gunung Prancis, Tempat Paling Aman Saat Terjadi Kiamat

PARIS – Kalender suku Maya akan berakhir tepat pada 21 Desember 2012, menandakan akhir dari b’ak’tun ke 13 serta permulaan dari siklus baru. Sebagian kalangan mempercayai, di tanggal tersebut akan terjadi kiamat dan gunung Prancis merupakan tempat paling aman untuk berlindung.

Dilansir MSN, Senin (19/11/2012), ketakutan dari kalangan yang percaya terjadinya kiamat di 21 Desember 2012, menimbulkan rasa ingin tahu mereka untuk membanjiri puncak gunung Prancis. Sementara pemerintah setempat melarang mereka untuk mengakses gunung tersebut.

Menurut website Raw Story, wilayah gunung Pic de Bugarach, dirumorkan sebagai satu-satunya tempat di bumi yang paling aman mengantisipasi kiamat 21 Desember 2012. Padahal, seperti yang diketahui menurut suku Maya sendiri, tanggal tersebut bukanlah akhir dari dunia.

Dalam pemahaman New Age (Zaman Baru) dan subkultur online lainnya, para pemercaya kiamat 21 Desember 2012 ini mengharapkan sesuatu yang besar terjadi pada hari itu. Mereka memprediksi mulai dari kedamaian baru dan harmoni hingga ledakan dahsyat yang mengakibatkan berakhirnya dunia.

Rumor tidak berhenti disitu, dikabarkan di tanggal tersebut, gunung Pic de Bugarach sebagai tempat untuk mengungkap pesawat luar angkasa alien (asing), yang akan menyelematkan mereka yang percaya kiamat 21 Desember 2012.

Namun, inilah yang menjadi kekhawatiran pemerintah setempat. Sebagai respon, pemerintah akan memanggil 100 polisi dan pemadam kebakaran pada 21 Desember 2012 untuk menutup akses ke gunung.

“Kami memperkirakan beberapa visioner, beberapa orang yang percaya ini akhir dunia. Namun, dalam jumlah yang sangat terbatas. Kami menduga akan ada jumlah yang lebih besar dari orang-orang yang ingin tahu, tetapi kami tidak dapat menentukan jumlah tersebut. Di samping itu, kami memperkirakan ada banyak jurnalis (yang juga ikut ke gunung tersebut),” jelas pernyataan Eric Freysselinard dari pemerintah setempat.

 

NASA: Kiamat di 2012 Cuma Karangan

CALIFORNIA – Kalender suku maya yang meramalkan bahwa 2012 menjadi akhir dari di kehidupan di dunia membuat sejumlah orang was-was. Karenanya, NASA pun melakukan penelitian untuk meredam rumor tersebut.

Hasilnya, NASA pun menampik ramalan yang mengatakan bahwa 21 Desember 2012 merupakan akhir dari dunia. “Seperti kalender yang terdapat pada dinding dapur Anda ketika tidak ada tanggal setelah 31 Desember. Kalender suku Maya habis setelah 21 Desember 2012. Hari itu merupakan perhitungan terakhir dalam kaleder maya – seperti kalender kita yang akan berawal pada 1 Januari lagi,” kata peneliti melalui pernyataan dikutip dari situs NASA Senin (19/11/2012).

Mereka menegaskan bahwa peristiwa yang akan terjadi pada 21 Desember 2012 tidak akan ada perbedaan dari salah satu hari di tahun dan pada tanggal tertentu.

Pada tanggal itu, matahari memang akan muncul pada siang hari di ketinggian terendah di atas cakrawala, sebuah fenomena yang dikenal sebagai titik balik matahari musim dingin (winter solstice). Tidak ada hubungannya dengan konsekuensi bencana, di mana beberapa pihak mengatakan akan terjadi bencana akibat peristiwa tersebut.

Adapun teori mengatakan, pada 2012, bumi mengalami pergeseran kutub yang radikal, dan para peneliti mengatakan bahwa secara alami hal tersebut tidak mungkin.

Selain itu, para peneliti NASA juga mengatakan, bumi tidak akan mendapatkan ancaman dari terjangan meteor besar pada tahun ini. “Bumi selalu menjadi target dari terjangan komet dan asteroid, namun serangan besar sangat jarang. Terakhir terjadi pada 65 juta tahun yang lalu dan membuat dinosaurus punah,” katanya.

Para peneliti mengatakan bahwa teori yang mengatakan bahwa 2012 menjadi akhir dari dunia merupakan kreasi phantasmagorical. “Banyak hal yang mucul seperti film, tayangan TV yang tidak berdasarkan pada ilmu pengetahuan. Bahkan, di luar sana juga ada rilis NASA yang palsu,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s