Smartphone HTC yang Menerima Jelly Bean

Ghiboo.com – HTC dikabarkan akan merilis update sistem operasi ke Android Jelly Bean untuk lini smartphone andalannya dalam waktu dekat. Seri apa saja yang akan menerima update tersebut?Dikutip dari Techradar, Selasa (13/11), menurut produsen asal Taiwan itu, smartphone yang diluncurkan pada tahun 2012 ini akan menjadi prioritas utama. Barulah setelah itu mereka akan beralih ke produk tahun 2011.>HTC One X, One S, dan One XL dikonfirmasi sebagai yang pertama mendapatkan update Jelly Bean. Ketiga smartphone tersebut dinilai memiliki spesifikasi yang mencukupi.>Sayang, smartphone yang dibekali RAM ‘hanya’ 512MB atau di bawahnya tak akan menerima Jelly Bean. Ini artinya sebuah kabar buruk bagi pelanggan yang memakai HTC One V dan Desire C.>Update Jelly Bean juga akan menghadirkan User Interface baru, yakni HTC Sense 4+. Belum ada keterangan apakah smartphone yang tak bisa di-update ke Jelly Bean akan menerima UI tersebut atau tidak.

HTC Windows Phone 8X Segera Masuk Pasar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–HTC Corporation mengenalkan dua produk terbarunya yang menyasar segmen pasar perangkat sistem operasi Windows Phone di Indonesia, HTC Windows Phone 8X dan HTC Windows Phone 8S.

“(Ponsel pintar) Android memang berkembang, tapi kami percaya Windows punya pangsa pasar sendiri. Itu tergantung kerjasama antar pelaku industri (ponsel pintar),” kata Country Manager HTC Indonesia, Agus Sugiharto Rusli, di Jakarta, Kamis.

HTC Windows Phone 8X menggunakan prosesor Qualcomm S4 1,5 GHz, kartu memori RAM satu giga bit, layar LCD 2 beresolusi 720 piksel, baterai berkapasitas 1800mAh, ruang penyimpanan internal 16 gigabit, kamera delapan megapiksel (depan), dan kamera 2,1 megapiksel (belakang).

Ponsel berukuran 4,3 inci dan berbobot 130 gram itu juga mendukung konektivitas NFC, selain bluetooth 3.1, WiFi, dan antena GPS internal.

Sementara, HTC Windows 8S menggunakan prosesor Qualcomm S4 1 GHz, kartu memori RAM 512 megabit, resolusi layar WVGA, baterai 1700mAh, ruang penyimpanan internal empat gigabit, dan kamera belakang lima megapiksel.

Ponsel berlayar empat inci dan berbobot 113 kilogram itu juga mempunyai antena GPS internal, tapi hanya mendukung konektivitas bluetooth 3.1 dan WiFi.

Agus mengatakan HTC Indonesia memasang strategi tidak “menganibalisme” harga jual produk agar calon konsumen mempunyai berbagai pilihan produk bersistem operasi Windows Phone maupun Android.

“Windows Phone 8X akan hadir pada akhir November bersama HTC One X+. Seminggu kemudian baru Windows Phone 8S,” kata Agus.

HTC Windows Phone 8X dibanderol Rp5,8 juta sedangkan HTC Windows Phone 8S dibanderol Rp3,2 juta.

HTC Bayar Apple USD8 per Smartphone

TAIPEI – HTC dan Apple telah memilih kesepakatan lisensi dan menghentikan sengketa paten antara keduanya. Menurut analis Sterne Agee, Shaw Wu, kesepakatan tersebut membuat HTC mesti mengeluarkan USD6 sampai USD8 per smartphone sebagai biaya lisensi.

Dilansir dari Wired, Selasa (13/11/2012), biaya lisensi yang mahal itu bisa membuat Apple memperoleh keuntungan sekira USD180 juta atau USD280 juta pada 2013. Hal ini berdasarkan prediksi bahwa HTC akan menjual antara 30 juta dan 35 juta smartphone tahun depan.

Wu juga mengatakan bahwa biaya USD8 tersebut lebih murah ketimbang yang sebelumnya diajukan Apple, namun lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya USD5 yang mesti dibayarkan HTC ke Microsoft untuk tiap smartphone Android. Biaya lisensi ini dibayarkan ke Microsoft oleh hampir setengah dari seluruh perangkat Android yang dijual secara global.

Profesor di Notre Dame Law School, Mark P. McKenna berpendapat, “Biaya lisensi tersebut berada di batas wajar, karena mempertimbangkan kemungkinan HTC kehilangan lebih banyak dengan pelarangan penjualan produknya di Amerika Serikat.”

“Saya pikir HTC persetujuan HTC untuk membayar berarti bahwa mereka akan lebih kesulitan untuk mendesain paten tersebut ketimbang hanya membayar biaya lisensi,” imbuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s