Waspadai Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur

REPUBLIKA.CO.ID,Sebuah ide baik jika kamu menggunakan smartphone pada siang hari untuk melakukan berbagai banyak hal seperti browsing di internet, mendapatkan petunjuk arah saat mengemudi, mendengarkan musik, atau bersosialisasi dengan teman-teman kamu.

Tapi sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa menggunakan smartphone saat larut malam sebelum tidur bila tidak benar-benar diperlukan adalah ide yang sangat buruk. Dan smartphone tidak hanya akan merampas waktu tidur, tapi itu akan mempengaruhi kesehatan.

Sekitar 63 persen partisipan mengaku jam tidur mereka tak terpenuhi karena keasyikan bermain gadget sebelum tidur. Ini karena gadget tidak hanya membuat kita terus terjaga, tetapi juga membuat kita sulit terlelap ketika keinginan tidur sudah datang.

Sedangkan sekitar dua jam terpaan cahaya dari gadget itu akan menekan melatonin sekitar 22 persen. Melatonin adalah hormon dalam tubuh yang bertugas membuat kantuk.

Meskipun telah menjadi kebiasaan buruk, diperkirakan bahwa 95 persen orang menggunakan berbagai jenis gadget sebelum tidur, baik untuk SMS, surfing web, atau menonton TV. Mungkin tidak semua dari mereka menyadari bahwa melakukan hal itu bisa membuatnya insomnia atau kesulitan untuk tidur. Terlebih jika kesulitan tidur bikin kamu jadi melamun dan memikirkan banyak hal yang serius seperti ujian di kampus atau pekerjaan.

 

Memaksakan Diri untuk Tidur Tidak Baik Bagi Kesehatan

Cobalah untuk berada di atas tempat tidur hanya saat Anda telah merasakan kantuk dan siap untuk tertidur pulas.

PARA pakar kesehatan selalu menyarankan untuk tidur selama 7-8 jam dalam semalam.

Untuk mencapai waktu yang disarankan ini, tak sedikit orang yang memaksakan diri untuk tidur di jam yang sama setiap harinya.

Tak jarang pula, mata dipaksa terpejam walau rasa kantuk belum datang. Apakah hal ini baik bagi kesehatan?

Menurut Kenneth P. Wright Jr., Ph.D., dari Sleep and Chronobiology Laboratory, University of Colorado, Amerika Serikat, memaksakan diri untuk tertidur walau belum mengantuk, sebenarnya bukan kebiasaan yang baik.

Semakin lama Anda berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga, semakin lama pula tubuh Anda terbiasa dengan suhu kasur, sehingga mata tetap sulit terpejam walau kondisi ruangan dan tempat tidur sudah nyaman.

Begitu pula saat Anda memaksakan diri untuk terpejam. Seperti dituturkan Wright kepada Self.com, usaha Anda untuk mengantuk dapat berlangsung lebih lama dari jam tidur Anda sendiri.

Hal ini dapat menyebabkan timbulnya stress dan gangguan tidur seperti insomnia dan terbangun di tengah malam.

Solusinya, cobalah untuk berada di atas tempat tidur hanya saat Anda telah merasakan kantuk dan siap untuk tertidur pulas.

Gunakan tempat tidur hanya sebagai tempat untuk tidur, bukan untuk melakukan kegiatan lain.

Sehingga saat Anda berada di atas kasur, secara otomatis syaraf-syaraf otak akan merasa tenang dan lama-kelamaan akan merasakan kantuk.

One thought on “Waspadai Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur

  1. Gunakan tempat tidur hanya sebagai tempat untuk tidur, bukan untuk melakukan kegiatan lain. –> gak boleh bikin anak di tempat tidur.. :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s