Wah, Sony Banderol Kamera Kompak RX1 Rp30 Juta

JAKARTA – Setelah meluncurkan Cyber shot DSC-RX100 di Indonesia. Sony kini memboyong sang “kakak” DSC-RX1. Kamera kompak full-frame dengan sensor Exmor CMOS 35mm ini memiliki resolusi efektif 24,3 megapiksel.

Kebutuhan kalangan fotografer profesional untuk tetap bisa menghasilkan gambar bagus, resolusi tinggi, kualitas warna, dan kecepatan pemrosesan gambar, menjadi pertimbangan Sony menghadirkan kamera dengan lensa Carls Zeis Sonnar Ta f2 35mm ini. “RX1 ini merupakan kamera kompak digital pertama 35mm full-frame dengan image sensor tercanggih saat ini dan memiliki kualitas yang sama dengan DSLR,” tutur Digital Imaging Group Business Product Sales Department CAM Division PT Sony Indonesia Ahmad Irfan Rinaldi di Oktagon, Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Tak tangung-tanggung, mengklaim membenamkan teknologi terkini di dalamnya, Sony pun membanderol DSC-RX1 sekira Rp30 juta. Harga yang terbilang tinggi untuk kamera kompak ini, menurut ahmad merupakan harga yang wajar jika menilik performa yang ditawarkan.

Mulai dari lensa, teknologi prosesor, hingga sensor yang digunakan menjadi beberapa keunggulan DSC-RX1 ini. Sensor Exmor CMOS kamera kompak digital ini perkuat dengan mesin Bionz yang bisa melakukan burst shooting hingga lima frame per detik.

“Prosesor yang bagus kita benamkan dalam RX1, sehingga bisa menghasilkan gambar yang warnanya akura yaitu warnanya mendekati warna asli, image prosesor yang juga cepat,” jelas Danu.

Selain itu, karena dibanderol dengan harga cukup tinggi, kamera ini memang khusus ditujukan untuk fotografer profesional. “RX1 memang untuk profesional yang sudah bertahun-tahun menggeluti dunia fotografi, jadi meski kamera ini ukurannya lebih kecil dibanding DSLR, tapi kualitasnya tidak kalah karena merupakan kamera full-frame,” jelasnya.

Sehingga, untuk konsumen biasa yang tidak menggeluti dunia fotografi secara khusus, tentu kamera kompak dengan harga Rp30 juta tidak akan dilirik. “Orang biasa dengan harga segitu, pasti tidak tidak mau, berbeda dengan profesional yang sudah punya kamera DSLR full-frame. Kalau profesional pasti juga menginginkan kamera dengan kualitas DSLR, tapi dengan bodi yang lebih kecil,” ungkap Ahmad.

DSC-RX1 memiliki bobot 482 gr (dengan baterai dan memory card), dan rentang ISO 100 hingga 25600. Cincin lensa khusus yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan pengguna menggunakan ujung jari untuk mengatur fokus dan aperture.

“RX1 merupakan kamera yang mengguncang dunia fotografer dan bisa menjawab pertanyaan penggemar fotografi,” pungkas Ahmad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s