Ssst, Pantang Santap Ini Jika Mau Nikah

Ssst, Pantang Santap Ini Jika Mau Nikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Siapun pasti ingin tampil prima di hari istimewa: pernikahan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, busana, tata rias, dan satu yang tak pernah ketinggalan, kesehatan dan kebugaran sang mempelai.

Tak heran, menuju hari yang spesial itu, banyak orang, terutama calon pengantin wanita berdiet agar tampak langsing dan sempurna dalam balutan gaun pernikahan.

Sebenarnya tak perlu diet yang terlalu rumit dan ketat. Catatan penting dalam diet yakni asupan makanan sehat bernutrisi yang rendah lemak serta tinggi protein. Sayuran hijau, buah segar, dan kacang-kacangan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetap sehat, dan membuat kulit berkilau.

Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari sebelum hari pernikahan Anda, seperti dikutip dari laman Bold Sky.

Makanan siap saji. Ucapkan selamat tinggal pada burger dan kentang goreng. Makanan seperti itu mengandung kalori tinggi dan membuat berat badan bertambah.

Soda. Kelelahan setelah berbelanja memang membuat Anda ingin minum sesuatu yang segar. Pilihlah smoothies karena sama segarnya seperti soda namun tetap sehat.

Produk susu. Keju dan susu dapat sulit dicerna dan membuat kembung. Bahkan keju dan yogurt bukan tidak mungkin dapat menambah berat badan. Pilihlah susu skim dan keju rendah lemak yang menyehatkan.

Pemanis buatan. Anda penyuka permen? Makanan itu dapat merusak gigi dan memicu bau mulut. Daripada merusak gigi, biarkanlah gigi Anda tetap putih dengan menghindari permen.

Kafein. Secangkir kopi memang menyegarkan namun kafein dapat menurunkan penyimpanan air dalam tubuh. Hindari minuman yang mengandung kafein sebelum hari spesial Anda, minumlah air mineral dan jus sehat.

Garam. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam karena dapat meningkatkan tekanan darah serta memicu dehidrasi.

Kacang. Kacang memang sehat namun dapat membuat kembung serta mengandung tipe gula yang sulit dicerna.

Pasta. Rasanya memang enak, namun makanan yang mengandung zat tepung itu dapat membuat kembung. Hindari makanan berzat tepung seerti pasta, nasi, dan kentang.

Makanan pencuci mulut. Puding dan pai dapat membuat Anda tergiur, namun makanan itu tinggi kalori sehingga dapat membuat berat badan bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s