Finis Keenam, Vettel Hat-trick Juara Dunia

Vettel Cetak Sejarah Tiga Kali Juara Dunia

Sao Paulo (AFP/ANTARA) – Sebastian Vettel menjadi peraih tiga kali juara dunia termuda Formula Satu saat dia selesai di urutan enam Grand Prix Brazil di belakang Jenson Button, Minggu.
Pebalap Jerman tim Red Bull berusia 25 tahun itu menjalani balapan dramatis setelah sempat mengalami tabrakan dengan Williams Bruno di lap awal Sirkuit Interlagos, Brazil.
Fernando Alonso dari Ferrari sebagai penantang terdekat Vettel selesai di peringkat dua tapi pencapaiannya tidak mampu mengejar lagi defisit 13 poin sebelum balapan.
Vettel mampu memastikan gelar juara meski hanya mengumpulkan tiga angka usai balapan itu.
Balapan diwarnai insiden kecelakaan Vettel meski mobilnya tidak mengalami kerusakan parah sehingga masih bisa melanjutkan balapan.
“Kesempatan ini sangat spesial meski saya sempat mengalami tabrakan,” kata Vettel.

“Saya hanya berusaha kembali melaju. Kami selalu percaya mengenai kesempatan itu.”

“Saya ucapkan terima kasih kepada setiap orang di tim, pabrikan dan semuanya. Tak seorangpun merasa lebih penting bagi yang lainnya.”
Dia mengkui bahwa dia hanya berusaha menghindari siapa saja agar tidak bertabrakan lebih parah lagi.
“Kami telah melakukan yang terbaik hingga memenangi titel ketiga,” katanya.
Vettel menjadi pemain yang mampu merebut tiga gelar F1 sama dengan pemcapaian pebalap Argentina Juan Manuel Fangio dan Michael Schumacher.
Rekan setim Alonso, Felipe Massa mampu selesai di urutan tiga di depan Mark Webber asal Australia dan Nico Hulkenberg.
“Pada awal balapan kami kehilangan komunikasi tapi Sebastian mampu tampil baik. Dia mengemudi dengan determinasi,” kata rekan setim Horner.
“Dia tidak pernah menyerah setelah mengalami masalah di lap pertama.”

“Balapan merupakan tekanan hebat bagi Vettel tapi dia dapat tenang. Fernando sebagai rival terdekatnya juga tampil baik,” kata Horner.
Pada akhirnya Vettel selesai di urutan enam, Schumacher tujuh dan Jean Eric Vergne delapan, disusul Kamui Kobayashi dan Kimi Raikkonen

Vettel Cetak Hat-trick Juara Dunia F1

REPUBLIKA.CO.ID, SAO POLO – Sebastian Vettel memastikan gelar juara F1 dalam grand Prix Brasil meski finish di urutan enam di belakang Jenson Button. Vettel tercatat menjadi peraih tiga kali juara dunia termuda F1

Pebalap Jerman tim Red Bull berusia 25 tahun itu menjalani balapan dramatis setelah sempat mengalami tabrakan dengan Williams Bruno di lap awal Sirkuit Interlagos.
Fernando Alonso dari Ferrari sebagai penantang terdekat Vettel finish di peringkat dua tapi tidak mampu mengejar lagi defisit 13 poin sebelum balapan.
Vettel mampu memastikan gelar juara meski hanya mengumpulkan tiga angka usai balapan itu.
Balapan diwarnai insiden kecelakaan Vettel meski mobilnya tidak mengalami kerusakan parah sehingga masih bisa melanjutkan balapan.

“Kesempatan ini sangat spesial meski saya sempat mengalami tabrakan,” kata Vettel.
“Saya hanya berusaha kembali melaju. Kami selalu percaya mengenai kesempatan itu.” “Saya ucapkan terima kasih kepada setiap orang di tim, pabrikan dan semuanya. Tak seorangpun merasa lebih penting bagi yang lainnya.”
Dia mengkui bahwa dia hanya berusaha menghindari siapa saja agar tidak bertabrakan lebih parah lagi.
“Kami telah melakukan yang terbaik hingga memenangi titel ketiga,” katanya.
Vettel menjadi pemain yang mampu merebut tiga gelar F1 sama dengan pemcapaian pebalap Argentina Juan Manuel Fangio dan Michael Schumacher.

SAO PAULO _ Untuk ketiga kalinya secara beruntun, pembalap Red Bull, Sebastian Vettel meraih juara dunia. Meski dirinya hanya mampu finis di posisi keenam pada sirkuit Interlagos, Brasil, Senin (26/11/2012) dini hari WIB. Sementara podium utama diraih oleh pembalap McLaren Mercedes, Jenson Button.

Meski hanya finis di posisi keenam, namun poin yang dimiliki oleh Vettel di klasemen akhir yaitu 281 poin tak mampu terkejar oleh pesaing terdekatnya, Fernando Alonso yang berhasil finis di urutan kedua.

Koleksi tambahan 20 poin dari Alonso tak berarti apa-apa, karena pembalap Ferrari itu hanya mengemas 278 poin, tertinggal tiga poin dari Vettel. Dengan begitu pembalap asal Jerman ini menjadi pembalap termuda (25 tahun) yang berhasil meraih juara dunia tiga kali secara beruntun (2010, 2011, dan 2012).

Jalannya Lomba:

Drama nan seru tersaji pada seri penutup Formula One musim ini di sirkuit Interlagos, Brasil. Vettel yang start di urutan keenam, sempat mengalami kecelakaan pada lap pertama dan membuat dirinya terlempar ke posisi paling belakang.

Menjalani lomba dengan urutan paling buncit membuat Vettel lebih termotivasi untuk bisa membalap para pesaingnya, Alonso yang berada jauh di depannya. Sementara lomba sendiri dipimpin oleh Lewis Hamilton.

Diwarnai derasnya hujan yang membasahi di sirkuit Interlagos, membuat balapan rentan kecelekaan. Alhasil banyak pembalap yang mulai berguguran, termasuk yang dialami oleh pemimpin lomba, Hamilton yang mengalami benturan dengan Nico Hulkenberg. Hamilton pun harus rela perpisahannya dengan McLaren berakhir pahit, karena tak mampu melanjutkan lomba.

Sementara Jenson Button mengambil berkah dari insiden yang dialami oleh Hamilton dengan menduduki posisi pertama balapan. Sementara Alonso menyusul di belakangnya, meski jarak antara kedua pembalap berjauhan.

Dengan hujan yang semakin deras, lomba kembali memakan korban. Kali ini menghampiri Paul Di Resta yang mengalami kecelakaan saat balapan tersisa satu lap. Akhirnya dengan kawalan Safety car, balapan pun akhirnya berakhir.

Di mana Button berada di deretan paling depan, disusul Alonso dan Felipe Massa yang menguntit di posisi ketiga. Sementara sang juara, Vettel berada di posisi keenam. Sedangkan pembalap Mercedes, Michael Schumacher, yang memutuskan pensiun musim depan, menuntaskan balapan terakhirnya di posisi ketujuh.

Hasil Seri F1GP Brasil2012:

01. Button McLaren-Mercedes 1h45:22.656

02. Alonso Ferrari 2.754

03. Massa Ferrari 3.615

04. Webber Red Bull-Renault 4.936

05. Hulkenberg Force India-Mercedes 5.708

06. Vettel Red Bull-Renault 9.453

07. Schumacher Mercedes 11.900

08. Vergne Toro Rosso-Ferrari 28.600

09. Kobayashi Sauber-Ferrari 31.200

10. Raikkonen Lotus-Renault 1 lap

11. Petrov Caterham-Renault 1 lap

12. Pic Marussia-Cosworth 1 lap

13. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari 1 lap

14. Kovalainen Caterham-Renault 1 lap

15. Rosberg Mercedes 1 lap

16. Glock Marussia-Cosworth 2 laps

17. De la Rosa HRT-Cosworth 2 laps

18. Karthikeyan HRT-Cosworth 2 laps

19. Di Resta Force India-Mercedes 3 laps

Gagal Finis

Hamilton McLaren-Mercedes lap ke-55

Grosjean Lotus-Renault lap ke-6

Maldonado Williams-Renault lap ke-2

Senna Williams-Renault lap pertama

Perez Sauber-Ferrari lap pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s