Malaysia bantai Laos 4-1 Piala AFF 2012

Malaysia Tekuk Laos 4-1

November 28, 2012

Malaysia yang pada laga perdana dipermalukan Singapura, pada laga kedua penyisihan grup B ini mengamuk dengan membantai Laos 4-1. Efek dari kekalahan di laga perdana bagi tuan rumah salah satunya adalah penurunan jumlah supporter. Jika laga perdana supporter Malaysia mendukung Laos, kali ini supporter Indonesia yang masih bertahan berteriak “Laos, Laos”.

Laos membuka serangan pada menit ke-6 melalui tendangan bebas, namun penjaga gawang Malaysia masih sigap menghalau bola. Malaysia membalas pada menit ke-10 melalui Safee Sali yang nayris mencetak gol setelah mampu melewati pertahanan Laos, sayang sepakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping jauh di sisi kiri gawang. Supporter tuan rumah bersorak gembira pada menit ke-16 setelah sang kapten Safiq Rahim membawa Malaysia unggul lewat tendangan bebas yang menawan. Tendangan kerasnya menghujam ke pojok kiri gawang Bounthisanh. Laos membalas gol pertama pada pertandingan itu melalui gol yang dicetak Khonesavanch pada menit ke-39. Khonesavanh Sihavong menyamakan melalui Tendangan melambung dari sisi kanan kotak penalti Malaysia sempat mengenai kaki pemain lawan dan bola masuk ke sisi kiri gawang, tanpa bisa dijangkau Farizal. Hingga babak pertama usai, kedudukan imbang 1-1.

Pada babak kedua, Malaysia yang butuh kemenangan guna menjaga peluang untuk lolos ke semifinal bermain lebih agresif. Pada menit 47, Malaysia mencoba membongkar pertahanan melalui Norshahrul yang mengirim bola ke dalam kotak penalti, namun masih mampu dipotong salah seorang bek Laos. Malaysia yang tampil bernafsu akhirnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-67 melalui Safee Sali. Wan Zack melakukan pergerakan di sisi kiri pertahanan Laos dan mampu memberi umpan manis dari dalam kotak penalti. Sudah ada Safee, yang tanpa terkawal, mampu menyambut dengan sundulan kepala. Sembilan menit berselang, Malaysia menambah keunggulan melalui Wan Zack yang mencatat namanya di papan skor sekaligus gol internasional pertamanya. Menerima umpan dari rekannya di sisi kanan kotak penalti, Zack yang terlepas dari off-side meneruskan dengan sundulan kepala. Malaysia kembali menambah gol pada menit ke-80 melalui pemain yang baru masuk dua menit menggantikan Safee, Mohd Khyril, gol dengan finishing bagus usai menerima umpan dari Safiq.

Keunggulan 4-1 atas Laos bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan demikian, Malaysia mengkoleksi 3 poin sama seperti Singapura dan Laos masih tetap satu poin. Grup B sementara dipimpin oleh Indonesia dengan 4 poin disusul Singapura dan Malaysia dengan 3 poin dan Laos dengan 1 poin. Pertandingan terakhir akan digelar pada 1 Desember yang mempertemukan Indonesia melawan Malaysia dan Singapura melawan Laos.

Klasemen Grup A
No Team M M S K SG N
1 THAILAND 2 2 0 0 6-1 6
2 FILIPINA 2 1 0 1 2-2 3
3 VIETNAM 2 0 1 1 1-2 1
4 MYANMAR 2 0 1 1 1-5 1
Klasemen Grup B
No Team M M S K SG N
1 INDONESIA 2 1 1 0 3-2 4
2 SINGAPURA 2 1 0 1 3-1 3
3 MALAYSIA 2 1 0 1 4-4 3
4 LAOS 2 0 1 1 3-6 1

Jadwal pertandingan berikutnya di Group B

1 Desember 2012, Pkl. 19:45: Singapura vs Laos, Stadion – Shah Alam
1 Desember 2012. Pkl. 19:45: Malaysia vs Indonesia, Stadion – Bukit Jalil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s