Ikan Kurangi Risiko Asma pada Anak

Ikan Kurangi Risiko Asma pada Anak

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Ikan ternyata bisa mengurangi risiko asma pada anak-anak. Demikian menurut sebuah penelitan terbaru yang dipublikasikan jurnal Pediatrics.

Seperti dikutip melaluiParents Indonesia, dalam penelitian tersebut, bayi yang gemar makan ikan antara usia 6 bulan sampai 1 tahun memiliki risiko lebih rendah menderita asma di kemudian hari. Sedangkan bayi yang makan ikan di usia kurang dari 6 bulan, atau setelah usia 1 tahun malah memiliki risiko terkena asma.

Penelitian ini dilakukan kepada 7.210 anak yang lahir antara tahun 2002 dan 2006 di Rotterdam, Belanda. Sebanyak 1.281 anak makan pada usia enam bulan pertama. Sedangkan 5.498 anak makan ikan setelah usia mereka enam bulan, dan 431 anak tidak makan ikan sampai usia mereka melebihi satu tahun.

Setelah usia anak-anak tersebut berusia 4 tahun catatan kesehatan mereka dievaluasi oleh peneliti. Ternyata ada beberapa orang tua yang melaporkan anak mereka mengalami mengi atau sesak napas.

Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa 40 sampi 45 persen orang tua yang anaknya tidak diberi makan ikan sampai ulang tahun pertama mengaku buah hatinya mengalami gangguan mengi. Sementara orangtua yang buah hatinya makan ikan ketika berumur antara 6 sampai 12 bulan hanya 30 persen yang anaknya mengalami tanda-tanda asma.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa penurunan risiko asma pada anak yang mengonsumsi ikan saat berusia 6 sampai 12 bulan bisa mencapai 36 persen. Sedangkan anak yang pertama kali makan ikan sebelum berusia 6 bulan dan setelah berusia setahun berisiko terserang penyakit asma.

Banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini. Ketakuan akan alergi memaksa beberapa orang tua dan dokter anak menunda menambahkan ikan ke dalam menu makanan si kecil. Beberapa penelitian memaparkan bahwa ibu yang mengonsumsi ikan pada masa kehamilan bisa juga menurunkan risiko asma pada anaknya.

Ikan Kurangi Risiko Asma Pada Balita

Ikan Kurangi Risiko Asma Pada Balita

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Sebuah studi di Belanda mengungkapkan bayi yang mengonsumsi ikan antara usia enam hingga 12 bulan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena asma.

Para peneliti menemukan paparan awal dari asam lemak tertentu yang ada pada ikan berfungsi untuk melawan perkembangan asma.

“Pengenalan terhadap ikan pada usia antara enam hingga 12 bulan, bukan konsumsi ikan setelah itu, berkaitan dengan prevalensi rendah asma,” kata Jessica Kiefte-de-Jong, peneliti dari Erasmus Medical Center di Rotterdam.

Kebanyakan orang tua menunda memberikan ikan kepada bayi mereka karena takut menimbulkan alergi. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan ibu yang mengonsumsi ikan semasa hamil, atau konsumsi ikan oleh bayi pada masa awal, mengurangi risiko asma.

Peneliti menggunakan informasi diet dari 7.210 anak yang lahir antara tahun 2002-2006 di Rotterdam. Mereka menemukan 1.281 anak memakan ikan di enam bulan awal kehidupannya, 5.498 memakan ikan enam bulan berikutnya, dan 431 tidak makan ikan hingga berusia setahun.

Peneliti kemudian melihat catatan kesehatan ketika anak-anak itu berusia sekitar empat tahun dan berapa banyak orang tua yang melaporkan anak mereka memiliki gangguan pada pernapasan.

Sebanyak 40 hingga 45 persen orang tua yang tidak memberikan ikan kepada anak-anak mereka melaporkan anaknya mengalami gangguan pernapasan. Sementara itu hanya 30 persen anak yang mengonsumsi ikan pada usia enam hingga 12 bulan mengalami hal serupa.

Menurut para peneliti, risiko asma berkurang 36 persen pada anak yang mengonsumsi ikan.

T. Bernard Kinane, kepala unit pernapasan anak di Rumah Anak MassGeneral, Boston, mengatakan hal itu masuk akal karena sistem kekebalan tuubh mulia mendapat edukasi, sperti yang dikutip dari Daily Mail.

Kinane, yang tidak terlibat penelitian, menyatakan kelegaannya karena para peneliti tidak menunjukkan berapa banyak ikan yang harus dikonsumsi untuk mengurangi risiko asma, yang menurutnya berarti sejumlah kecil ikan akan berpengaruh.

Meski begitu, ia berpedapat studi ini perlu dievaluasi lagi. Menurutnya, dalam penelitian itu masih belum begitu jelas fakta antara manfaat memperkenalkan diet ikan dan manfaat memperkenalkan ikan pada anak usia enam hingga 12 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s