Pijatan Ampuh untuk ibu Hamil

Photo

(C)www.ghiboo.com

Ghiboo.com – Perubahan hormon dan peningkatan beban di perut saat hamil, akan membuat tubuh Anda kurang nyaman.

Bebaskan tubuh dari rasa tidak enak itu dengan self massage.

Pijat adalah terapi yang ampuh untuk mengurangi sakit di kepala, rasa pegal, dan kesemutan.

Tapi, tidak setiap kali pegal datang, Anda sempat pijat ke tempat pijat khusus untuk ibu hamil, kan? Jadi coba pelajari self massage yang bisa dilakukan kapanpun.

Endah Wulandari dari Mom ‘n Jo Spa menunjukkan cara-cara melakukan self massage ini.

Mengusir sakit kepala. Letakkan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis di pelipis kiri dan kanan. Gerakkan jari Anda secara memutar dengan sedikit tekanan. Ulangi gerakan ini sebanyak 30 kali.

Melegakan dada sesak. Posisikan tangan kanan Anda pada bagian tengah dada, lalu pijat lembut dengan gerakan memutar ke arah bahu kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali, kemudian ulangi gerakan yang sama untuk arah sebaliknya.

Beban bahu pegal. Letakkan tangan kanan Anda pada bahu kiri. Usap bahu Anda dari bagian atas mengarah ke lengan. Ulangi gerakan ini hingga 5-10 kali. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada bahu kanan Anda.

Menghalau pinggang pegal. Taruh ibu jari Anda menghadap ke depan, dan keempat jari Anda menyentuh sisi kiri dan kanan punggung. Lakukan gerakan pijat memutar dengan keempat jari Anda, dan gerakan memijat dari pinggang mengarah ke pinggul.

Saat tangan kaku dan kesemutan. Genggam lengan Anda di bagian bawah nadi. Tekan-tekan secara lembut dengan ibu jari. Saat melakukan gerakan ini, biarkan telapak tangan Anda terbuka. Lakukan gerakan yang sama pada tangan yang lain.

Lemaskan kaki pegal. Bungkus betis Anda dengan kedua tangan, seperti sandwich. Gerakkan kedua tangan dari bawah lutut ke arah tumit. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali, kemudian lakukan pada kaki yang lain.

(Mother & Baby Indonesia edisi September 2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s