Napak Tilas 8 Tahun Perjalanan Facebook

Napak Tilas 8 Tahun Perjalanan Facebook

CALIFORNIA – Facebook yang diluncurkan pada 4 Februari 2004, di Hardvard University telah meraih kesuksesan. Delapan tahun sejak diluncurkan, jejaring sosial paling populer ini berhasil meraup sekira 845 juta pengguna aktif.

Sejak diluncurkan delapan tahun silam, raksasa jejaring sosial ini memang telah mengubah hidup hampir semua orang selama bertahun-tahun. Penggunanya juga telah menyaksikan pertumbuhan yang besar, bahkan Facebook ditargetkan akan mencapai satu miliar pengguna pada Agustus tahun ini.

Sementara CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang paling dikenal sebagai pendiri jejaring sosial tersebut, perusahaan ini juga memiliki tiga pendiri lainnya. Ketiganya ini merupakan teman sekamar saat kuliah dan sesama mahasiswa di Hardvard, yakni Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Mereka berempat awalnya membangun sebuah layanan khusus bagi siswa Harvard, tapi kemudian mulai merambah ke perguruan tinggi lainnya. Awalnya jejaring sosial ini memiliki nama ‘thefacebook.com’, namun pada 4 Februari 2008, Zukerberg merubah nama domain tersebut dan meluncurkan apa yang saat ini kita ketahui sebagai ‘Facebook’.

Maka bisa dibilang, hampir tidak mungkin saat ini membayangkan hidup tanpa status update Facebook, permintaan pertemanan atau tag foto.

Sementara itu, kesuksesan yang dicapai Facebook bukan hanya menempatkan Zukerberg dalam daftar jutawan termuda, tapi juga membantu pihak lain, seperti start up atau perusahaan yang sedang tumbuh dengan saling berinteraksi dan meningkatkan penjualan.

Pengguna Facebook memang terlihat semakin meningkat. Sedikit menoleh ke belakang, pada Januari 2009, studi Compete.com mengklaim Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna aktif di seluruh dunia.

Keberhasilan Facebook memang disertai dengan serangkaian pencapain lainnya. Pada Mei 2011, Quantcast memperkirakan Facebook memiliki sekira 138,9 juta pengunjung unik bulanan di Amerika Serikat (AS), kemudian di India, tahun ini Facebook telah mencatat pertumbuhan 132 persen lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Namun, pertumbuhan pasar perusahaan tampaknya telah mulai melambat di beberapa tempat. Situs tersebut telah kehilangan 7 juta pengguna aktif di AS dan Kanada pada Mei 2011.

Sedangkan kabar terbaru dari Facebook, dilansir business today, Senin (6/2/2012), perusahaan tersebut telah mengajukan berkas untuk penawaran umum perdana (IPO) pada 1 Februari 2012 lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s