Bir Ternyata Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi Bir Ganja

Ilustrasi Bir Ganja (sumber: foxnews)

Senyawa humulone yang terdapat dalam bahan utama pembuatan bir, terbukti efektif dalam mengendalikan virus pernapasan

Menurut kalangan peneliti dari Sapporo Medical University, Jepang, mengkonsumsi bahan utama dalam proses pembuatan bir, dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit musim dingin dan sejumlah penyakit serius pada anak-anak.

Hop, bahan yang biasa digunakan untuk memberi rasa pahit dalam proses pembuatan bir, ternyata memiliki kemampuan untuk menghadapi virus respiratory syncytial (RS) yang dapat menyebabkan pneumonia dan bronkitis pada anak-anak.

Dalam penelitiannya, pihak Sapporo Breweries yang mendanai penelitian kalangan ilmuwan di Sapporo Medical University menyatakan, senyawa humulone yang terdapat dalam hop, efektif dalam mengendalikan virus pernapasan (RS).

“Virus RS dapat menyebabkan pneumonia yang serius dan kesulitan bernapas untuk bayi dan balita,” kata Jun Fuchimoto, seorang peneliti yang terlibat dalam proyek ini.

Menurut Fuchimoto, virus cenderung menyebar di musim dingin dan juga dapat menyebabkan anak-anak mengalami sindrom atau gejala dingin seperti pada orang dewasa.

Lebih lanjut dia menyatakan, jumlah humulone yang ada dalam bir jumlahnya sangat sedikit. Hal tersebut menyebabkan seseorang harus minum bir sekitar 30 kaleng untuk mendapat efek langsung dalam menghadapi virus.

“Kami sendiri sedang mempelajari kelayakan penerapan humulone untuk produk makanan atau non-alkohol,” katanya.

“Tantangan paling utama adalah menghilangkan rasa pahit yang tentunya sangat sulit dinikmati oleh anak-anak,” pungkasnya. (beritasatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s