Mengapa Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas?

Buah Nanas Rasa Kelapa yang dihasilkan oleh kalangan peneliti di Australia

Bromelain yang terkandung dalam nanas bila dikonsumsi berlebihan bisa memicu kontraksi dini bahkan keguguran.

Salah satu buah yang harus dibatasi bahkan tidak boleh dikonsumsi selama seorang perempuan hamil adalah nanas.

Sejak dahulu kala, banyak orang percaya bahwa mengonsumsi nanas selama kehamilan dapat berdampak negatif.

Keyakinan ini ternyata telah dibuktikan melalui berbagai hasil penelitian.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab nanas harus dibatasi bahkan dilarang dimakan selama perempuan menjalani masa kehamilannya. Berikut beberapa alasannya:

Kontraksi Dini
Bulan pertama kehamilan harus dipantau dengan baik dan ibu hamil (bumil) tidak boleh makan nanas atau jus nanas minum berlebihan. Ini dikarenakan buah ini mengandung bromelain, senyawa yang melemahkan serviks (leher rahim). Sehingga konsumsi berlebihan akan memicu kontraksi awal.

Bromelain sendiri merupakan ekstrak yang berasal dari batang nanas, meskipun ada di semua bagian dari tanaman dan buah segar, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagai suplemen, bromelain diperkirakan memiliki efek anti-inflamasi (peradangan). Tak hanya itu, senyawa ini juga mengandung zat kimia yang, menurut penelitian laboratorium, mungkin mengganggu pertumbuhan sel tumor dan pembekuan darah yang lambat. Sebagai bahan kuliner Bromelain juga digunakan terutama sebagai pelunak daging.

Keguguran
Untuk nanas muda, terutama yang kulitnya berwarna hijau, mengandung banyak bromelain di dalamnya dan tidak hanya menyebabkan leher rahim yang lemah, tetapi juga keguguran. Oleh karena itu, perempuan yang memasuki awal kehamilan harus membatasi bahkan menghindari sama sekali konsumsi nanas muda.

Masalah Lain
Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan penyakit maag. Ini dikarenakan kandungan asam dari buah tropis ini memang cukup mengganggu untuk lambung yang sensitif. Bumil yang menderita gastritis jelas tidak dianjurkan mengonsumsi buah ini, selain untuk kesehatannya sendiri, juga untuk menjaga kondisi janin.

Meskipun nanas mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, disarankan bahwa bumil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Untuk memastikan apakah seorang bumil boleh mengonsumsi nanas atau tidak, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s